Jeritan Hati Seekor Ayam Jantan

ayam jantan dan elangPada suatu hari seekor burung elang datang mengunjungi kawan lamanya,seekor ayam jantan.

“Saya melihat saudara itu kok heran.Betapa tidak?Majikanmu begitu satia dan sayang kepadamu,rumah dibuatkan ,dan istri juga disediakan,tidak hanya satu tapi banyak.Kamu sering dipinggul dan dimandikan.Tetapi anehnya setiap kamu akan ditangkap saya lihat kamu selalu meronta-ronta malah melarikan diri,kenapa?”tanya elang kepada ayam jantan

“Kamu tidak tahu apa!”kata ayam jantan kepada elang.”Kalau saja kamu tahu kekejaman majikan saya kepada bangsa-bangsa saya,kiranya kamu tak akan bertanya seperti itu.Seandainya saya bisa bisa terbang jauhdan bisa berdiri sendiri seperti kamu,saya sudah kabur sejak dulu.Saya tidak mau menghambapada majikan saya yang kejam itu.Bayangkan saja,istri saya yang sudah bertelur,telurnya dimakan mentah-mentah,malah sering digoreng.Jika dipandang sudah tidak lagi bertelur,istri-istri saya itu lalu  dipotong lehernya,dimasukkan ke dalamair yang sangat panas,dicabuti bulunya,dicincang kemudian digoreng dengan minyak yang mendidih.Ngeri saya membayangkannya.”

“Kalau sudah tahu begitu,kenapa kamu masih terus menghamba?”tanya elang

“Habis,apa yang bisa saya perbuat?”jawab ayam jantan,”Jika lari,saya pasti ditangkap.sebab saya tidak bisa terbang tinggi seperti kamu.Beruntung saya masih mud,saya tidak dipekerjakan apa-apa,hanya saja kadangkala saya diadu dengan sesama saya sendiri.Untuk itu saya selalu dimanjakan.Tetapi nanti kalau sudah tua saya sama seperti nasib orang-orang tua saya terdahulu.Menyedihkan memang  nasib bangsa saya.Tidak seperti bangsamu,meskipun hidup susah payah mencari makan sendiri tapi bisa bebas merdeka kemana saja,jiwau bisa tenang dan aman.”

Mendengar penuturan ayam jantan tersebut hati elang menjadi trenyuh sekali,si elang lalu terbang tinggi seraya bergumam dalam hati,”Sungguh beruntung nasib saya daripada mereka,saya bisa bebas dan merdeka.”

Tinggalkan Balasan

